4 Maret 2021 Memperingati Hari Apa? Mari Mengingat Sejarah

4 maret 2021 memperingati hari apa? Merupakan bulan kebangkitan nasional. Ditetapkan sebagai sejarah Indonesia & sejarah dunia. Mari simak artikel ini.

Banyak orang yang tidak berpikir jika hari dapat dikatakan hari hitung mundur. 4 Maret 2021 memperingati hari apa? Ada sejumlah kejadian unik di waktu tersebut.

Ketika ditulis dengan angka, terlihat layaknya hitungan mundur mulai diawali dengan angka 4, di akhir angka 1, jadinya 4 3 2 1. Terdapat beragam kejadian penting pada tanggal 4 Maret dan hari peringatan lainnya.

  1. Kaisar Romawi yang Bernama Frederick Barbarossa I Terpilih sebagai Raja Jerman
    Beliau dijadikan Raja Italia dan dipasangkan mahkota kerajaan di wilayah Aachen di tanggal 9 Maret tahun 1152 sejak tahun 1155 dan dinobatkan menjadi Raja Romawi oleh Paus Adrianus IV mulai bulan Juni tanggal 18 tahun 1155.
    Istilah sacrum atau dalam bahasa Indonesia artinya suci pertama kali muncul dua tahun selanjutnya pada akta dokumen yang membahas dengan kepemimpinannya.

Selanjutnya beliau dengan resmi dinobatkan selaku Raja Borgone di wilayah Arles sejak 30 Juni tahun 1178. Beliau diberi nama panggilan Barbarossa yang asalnya berbagai kota wilayah Italia utara yang akan dikuasai. Barbarossa sendiri artinya “berjenggot merah” dalam Bahasa Italia.

  1. Yusuf bin Najmuddin al-Ayyubi menjadi seorang Jenderal Panglima Islam Kurdi
    Beliau dipanggil juga dengan nama Salahuddin Ayyubi alias nama aslinya Saladin menjadi seorang jenderal hingga panglima Islam Kurdi yang berasal dari wilayah Tikrit atau sekarang disebut dengan daerah Irak bagian utara.
    Beliau membangun Dinasti Ayyubiyyah di wilayah Mesir hingga Diyar Bakr. Beliau terkenal karena kemampuannya dalam memimpin, kekuatan militernya, dan sifat baik serta pemaaf di saat beliau melakukan perang melawan tentara dalam perang salib.

Beliau juga menjadi seorang ulama yang membubuhkan catatan kaki hingga bermacam keterangan pada kitab hadits karangan Abu Dawud.

  1. Pemerintah Batavia Dibentuk dalam Wilayah Jayakarta
    Di tahun 1621, pemerintah Wilayah Batavia dibentuk. Hingga satu windu lamanya wilayah ini diperluas menjadi tiga kali lipat dari sebelumnya. Pembangunan Batavia rampung di tahun 1650.
    Kota Batavia sendiri sebetulnya letaknya dalam bagian selatan kastil yang juga dipagari banyak tembok hingga tersekat karena banyaknya parit atau got.
  2. Raja Inggris Charles II Menyatakan Perang dengan Belanda
    Raja saat itu menyatakan perang dengan Belanda serta mengumumkan Perang Anglo serta Belanda Kedua dimulai. Perang Inggris dan Belanda Kedua ini terjadi tanggal 4 Maret tahun 1665 hingga tanggal 31 Juli tahun 1667.
  3. Hari Obesitas Sedunia
    Hal ini dibuat diharapkan dapat menjadi momen kesadaran penduduk dunia terhadap bahayanya obesitas. Peringatan inu pertama kali dicanangkan di wilayah USA yang juga berfokus pada penyebab lingkungan hingga dunia kesehatan yang memiliki peran penyebab tingginya jmlah obesitas.
  4. Hari Insinyur Sedunia
    Hari Insinyur Sedunia atau Global Day of Engineer menjadi hari yang diadakan untuk menghargai kinerja insinyur di seluruh dunia. Diharapkan di hari ini seluruh lapisan masyarakat dapat ikut berpartisipasi menciptakan dunia yang sustanable lewat bidang rekayasa hingga konstruksi.
  1. Hari Sadar Virus HPV
    4 Maret 2021 Memperingati Hari Apa? Sadar Virus HPV atau HPV Awareness Day menjadi momen masyarakat mengingat bahaya virus HPV penyebab kanker serviks. HPV yaitu virus yang bisa menular lewat sentuhan langsung. Virus tersebut bisa menyerang kurang lebih ratusan ribu orang dalam setahun. Perayaan ini juga didedikasikan untuk para survivor kanker serviks.

Kesimpulan

Peringatan hari ini juga menjadi momen untuk memperkenalkan insinyur mejadi profesi yang prestisius. Peringatan hari ini diantaranya dilakukan dengan memberi hadiah untuk para insinyur berprestasi & untuk mengenang sejarah lainnya.

Kelly Chapman http://familyguytalk.com

Halo, saya Kelly Chapman, seorang jurnalis yang sedang mengembangkan blog informasi terupdate. Dengan mata yang terus terbuka terhadap peristiwa-peristiwa terkini, saya bersemangat untuk menyajikan informasi yang relevan dan terpercaya kepada pembaca saya.

You May Also Like

More From Author