3 Contoh Surat Keterangan Sakit dan Cara Mudah Membuatnya

Kondisi sakit bisa menyerang siapa saja, baik itu siswa sekolah, mahasiswa, hingga karyawan, Nah berikut ini beberapa contoh surat keterangan sakit.

Ketika sakit menyerang, maka tentu saja akan mengganggu aktivitas harian. Bahkan, kadang sampai mengharuskan seseorang istirahat total di rumah. Oleh sebab itu, sebagian besar orang mencari contoh surat keterangan sakit.

Tujuannya tentu saja demi meminta izin agar diperbolehkan tidak masuk sekolah, bekerja, maupun kuliah. Oleh sebab itu, mari simak artikel ini untuk mendapatkan referensi perihal struktur, contoh, serta cara pembuatannya!

Struktur Contoh Surat Ketrangan Sakit

Supaya surat keterangan sakit yang dibuat bisa dipahami dengan baik oleh si penerima dan tampilannya rapi, berikut strukturnya yang umum digunakan:

  • Lokasi dan tanggal penulisan surat pada bagian kanan
  • Nama penerima serta alamat tujuan surat
  • Kalimat ataupun salam untuk pembuka surat yang formal
  • Data pengirim surat
  • Isi surat yang menjelaskan perihal keterangan kondisi kesehatan, lalu meminta izin dikarenakan tidak bisa mengikuti pelajaran atau bekerja seperti biasanya
  • Salam penutup kepada penerima surat juga
  • Bubuhkan tanda tangan basah serta nama lengkap pengirim surat

3 Contoh Surat Keterangan Sakit

Supaya lebih mudah saat proses penulisan surat, inilah 3 contoh surat sebagai referensi.

  1. Surat Keterangan Sakit Karyawan dari Puskesmas
contoh-surat-keterangan-sakit
  1. Surat Keterangan Sakit Siswa yang Ditulis Orang Tua/Wali Murid

Tutorial Membuat Surat Keterangan Sakit

Apakah sudah siap untuk membuat surat keterangan sakit? Mari ikuti tutorialnya berikut ini!

  1. Tentukan Bentuk Suratnya

Umumnya, baik surat izin maupun surat keterangan tidak dapat hadir, mempunyai 2 bentuk, yaitu yang ditulis langsung dengan tangan atau diketik. Biasanya, masing-masing jenis surat tersebut memiliki peruntukkan berbeda.

Contohnya, jenis surat yang ditulis tangan lebih umum ditujukan ke sekolah. Sementara surat yang diketik, biasanya ke perusahaan atau universitas. Namun, tidak jarang juga universitas maupun perusahaan menerapkan peraturan untuk membuat surat memakai tulisan tangan.

Oleh sebab itu, sebaiknya tanyakan kepada petugas administrasi kampus atau rekan kerja saat hendak membuat surat keterangan tidak dapat hadir, agar tidak salah.

  1. Sesuaikan Format Surat dengan Tujuan

Terkadang, suatu perusahaan memiliki format tersendiri perihal surat izin. Oleh sebab itu, sebaiknya tanyakan kepada petugas administrasi perusahaan.

Tetapi, bila tidak ada format yang ditentukan, maka gunakanlah format surat sakit yang umum orang lain gunakan, seperti poin pembahasan struktur surat sebelumnya.

  1. Jangan Menuliskan Kondisi Kesehatan Secara Detail

Umumnya, kondisi kesehatan atau detail penyakit yang diderita seseorang tidak wajib dituliskan secara gamblang pada surat izin tidak sehat. Pasalnya, hal tersebut bersifat rahasia. Namun, bila si pasien atau pengirim surat tidak keberatan untuk memberitahukannya kepada penerima surat, tentunya boleh saja dicantumkan.

  1. Lampirkan Surat dari Dokter

Apabila sudah selesai menulis surat, langkah terakhir ini bersifat opsional, yakni melampirkan surat izin tidak sehat yang resmi dari RS, klinik, maupun puskesmas tempat si pengirim berobat. Demi meyakinkan penerima surat bahwa si pengirim benar-benar dalam keadaan yang tidak sehat.

Surat ini bisa diminta langsung dari staff tempat berobat. Selain itu, jangan lupa minta cantumkan keterangan tanggal berapa saja untuk izin tidak mampu hadir bekerja maupun kuliah atau berangkat ke sekolah.

Kesimpulan

Kesimpulannya, contoh surat keterangan sakit sangatlah mudah ditemukan di internet saat ini. Jadi, lebih memudahkan pengirim surat untuk proses pembuatannya. Bahkan, ada pula perusahaan yang sudah menyediakan format khususnya. Maka dari itu, jangan bingung dan salah saat membuatnya!

Kelly Chapman http://familyguytalk.com

Halo, saya Kelly Chapman, seorang jurnalis yang sedang mengembangkan blog informasi terupdate. Dengan mata yang terus terbuka terhadap peristiwa-peristiwa terkini, saya bersemangat untuk menyajikan informasi yang relevan dan terpercaya kepada pembaca saya.

You May Also Like

More From Author